Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bikin KTP Digital Bisa Pakai Smartphone, Tapi Harus di Kantor Dukcapil

  • Oleh Hendri
  • 20 Februari 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya, Edie mengatakan masyarakat bisa membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital melalui Smartphone, namun harus didampingi petugas yang ada di Dinas Dukcapil.

"Sekarang kami sudah buka loketnya untuk pembuatan KTP digital, masyarakat yang mau bikin tinggal datang saja ke kantor dan sampaikan ke petugas," katanya, Senin, 20 Februari 2023.

Caranya, unduh terlebih dahulu aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di ponsel melalui Play Store karena sementara ini aplikasi baru tersedia untuk pengguna Android dan untuk pengguna Ios akan dikembangkan dalam waktu dekat ini.

Langkah selanjutnya, Input Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor ponsel dan melakukan verifikasi data lewat face recognition atau verifikasi wajah. Kemudian, pemohon melakukan verifikasi email, setelah berhasil, kembali ke menu aplikasi ID dan login.

"Banyak sekali manfaatnya kalau kita menggunakan KTP Digital ini. Karena hanya dengan satu data itu saja fiturnya sudah lengkap, ada KK, NPWP, BPJS, Bukti Vaksin hingga kartu pegawai bagi ASN," jelasnya.

Selain itu, KTP digital sudah menyediakan data pemilih sesuai hasil verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ke depannya juga akan dikembangkan lagi dengan instansi lain yang mengisyaratkan KTP dalam layanannya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru