Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelurahan Sidorejo Sediakan Kotak Tabungan Bank Sampah Resik Rejo

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 21 Februari 2023 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Kelurahan Sidorejo telah menyediakan layanan Kotak Tabungan Bank Sampah Resik Rejo bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Tujuan layanan Kotak Tabungan Bank Sampah Resik Rejo ialah untuk menyadarkan masyarakat bahwa jenis sampah yang dapat dipilah bisa bernilai ekonomis seperti botol plastik, kardus dan lainnya.

"Harapan kedepannya masyarakat sadar untuk memilah sampah, bahkan juga langsung membuangnya ke TPS" ujar Lurah Sidorejo Sahida Ramadana, melalui pesan WhatApps pada Selasa, 21 Februari 2023.

Sasaran masyarakat yang dapat menabung kotak tabungan sampah tersebut yaitu pelaku usaha Food Corner, anak sekolah dan warga di Kelurahan Sidorejo. 

"Sasaran sementara untuk kotak tabungan itu kita simpan di sekolah, kelurahan dan Food Corner. Beberapa sekolah udah kita jajaki kerjasamanya bersama bank sampah, jadi adek2 bisa mengumpulkan sampah yg bernilai ekonomis dan nantinya akan kami beli secara cash atau d tabung" tulisnya.

Bank sampah yang bekerjasama dengan Kelurahan Sidorejo akan membeli tabungan sampah yang sudah dikumpulkan lalu dinilai dan ditukar yang bisa melalui cash atau ditabung. 

"Bank Sampah Resik Rejo milik Kelurahan ini satu2nya Bank Sampah di Kobar yg secara organisasi bisa nampung jelantah juga," katanya

Selain itu banyak manfaat yang didapatkan dengan menabung sampah tersebut, antara lain membiasakan diri untuk memilah jenis sampah, merubah sampah menjadi ekonomis, mengurangi pembakaran sampah plastik dan sebagainya. 

"Sampahnya dijual buat operasional. Jadi kalau udah kuat akar ya, bisa buka lapangan kerja baru" tulisnya. 

Bagi masyarakat Kobar yang ingin menabung sampah jenis plastik, kardus dna lainnya dapat langsung ke kantor Kelurahan Sidorejo.(NURITA/H)

Berita Terbaru