Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan Dini Cuaca Barito Timur 22-24 Februari

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Februari 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis peringatan dini cuaca Kabupaten Barito Timur untuk tanggal 22-24 Februari 2023. Peringatan dini ini terkait wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

"Pada Rabu 22 Februari, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di 9 kecamatan yakni Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui, Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah," papar Kepala Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu, Nur Setiawan dalam rilis yang dikirimnya, Selasa, 21 Februari 2023.

Kemudian pada tanggal 23 Februari, potensi cuaca yang sama terjadi pada 7 kecamatan yaitu Kecamatan Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui dan Kecamatan Raren Batuah.

"Sedangkan untuk Jumat 24 Februari, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang merata terjadi di seluruh kecamatan," imbuh Nur Setiawan.

Dia juga menjelaskan bahwa Peta Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) Dasarian II (10 hari kedua) Februari menunjukkan sebagian besar Kalimantan Tengah mengalami HTH dengan kriteria sangat pendek (1-5 hari) yang ditandai dengan lingkaran hijau dan beberapa daerah masih mengalami hujan ditandai titik kecil hijau tua. Tetapi untuk wilayah Pos Hujan Kuala Kurun dan Buntoi mengalami HTH dengan kriteria pendek (6-10 hari) ditandai lingkaran kuning.

Kemudian Peta Analisis Curah Hujan Dasarian II Februari menunjukkan sebagian besar wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Murung Raya bagian selatan, Gunung Mas bagian utara, Kapuas bagian selatan dan sebagian kecil Kabupaten Pulang Pisau bagian selatan berada pada kriteria rendah (20-50 milimeter).

Sedangkan curah hujan dengan kriteria menengah (50-150 milimeter) terjadi di Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Palangka Raya, sebagian besar Katingan, Kapuas bagian tengah, sebagian besar Pulang Pisau, Gunung Mas bagian selatan dan Kabupaten Murung Raya bagian utara.

Selanjutnya curah hujan dengan kriteria tinggi (150-300 milimeter) ditandai dengan warna hijau terjadi di sebagian kecil wilayah Kabupaten Kapuas, Barito Selatan dan Kabupaten Katingan. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru