Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Benda Bersejarah akan Disimpan di Sanggar Seni Budaya Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Februari 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Benda-benda bersejarah yang memiliki nilai budaya akan disimpan di gedung sanggar seni budaya, sehingga pihaknya akan menginventarisir dan kumpulkan peninggalan-peninggalan tersebut.

Wakil Bupati Sukamara Ahmadi mengatakan, dalam rangka pelestarian sejarah dan budaya Kabupaten Sukamara, benda - benda bersejarah yang memiliki nilai budaya dapat disimpan digedung Seni Budaya.

"Ini sudah disiapkan dilantai dua, sehingga dapat terjaga dan terawat dengan baik," ucap Ahmadi, Rabu, 22 Februari 2023.

"Mulai sekarang kita bisa inventarisir dan kumpulkan benda-benda bersejarah yang dapat menjadi jejak sejarah Kabupaten Sukamara digedung seni budaya ini," tambahnya.

Selain itu, Pemkab Sukamara berencana akan menjadikan sanggar seni budaya sebagai Kawasan Pustaka Budaya karena lokasinya yang berdampingan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip).

Dengan adanya Kawasan pustaka budaya maka akan memudahkan masyarakat yang datang atau pengunjung dari luar daerah untuk mengetahui sejarah dan budaya di Kabupaten Sukamara.

"Cukup datang kelokasi ini para pengunjung bisa mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Sukamara," ujar Ahmadi.

Agar para pengunjung yang datang merasa lebih nyaman, maka pihaknya akan menyediakan ruang bagi pelaku UMKM untuk bisa menjual produknya kepada para pengunjung yang datang.

"UMKM nantinya bisa menyediakan kuliner dan pernik khas Sukamara yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh pengunjung," pungkas Ahmadi. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru