Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Saran Kapolres Lamandau untuk Selesaikan Sengketa Lahan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Februari 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono menyadari persoalan sengketa lahan di daerah setempat cukup tinggi. Terutama antara masyarakat dan korporasi. Meski ada beberapa sengketa lahan terjadi antar kelompok masyarakat.

Namun dari situ, lanjut Kapolres, dia menegaskan tidak ingin masyarakat menerima konsekuensi yang merugikan diri sendiri akibat pelanggaran hukum yang kerap terjadi saat menuntut haknya.

“Semua ada saluran dan jalur penyelesaiannya. Jangan sampai upaya menuntut hak ini menjadi bumerang bagi masyarakat itu sendiri,” ungkap Kapolres saat dikonfirmasi pada Jumat, 24 Februari 2023.

Orang nomor satu di Mapolres Lamandau itu pun menyampaikan pesan dan saran kepada masyarakat, yang memang ingin menuntut haknya agar tidak menyalahi aturan.

“Kalau memang ingin menuntut haknya, silahkan selesaikan sesuai koridor hukum yang berlaku, salah satunya secara perdata. Intinya jangan sepihak atau melakukan aksi sendiri yang melanggar hukum,” tegas Kapolres.

Dia mencontohkan satu dari sekian kasus sengketa lahan yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan. Terkadang, masyarakat melakukan aksi sepihak tanpa menempuh jalur hukum.

“Mungkin karena keterbatasan atau kurangnya informasi, masyarakat langsung meng-klaim lahan. Padahal, setelah kita lakukan penyelidikan, korporasi memiliki legalitas atas penguasaan lahan tersebut,” bebernya.

Selama ini, Kapolres mengaku dalam menangani sebuah permasalahan, pihaknya berupaya mencari fakta yang seadil-adilnya. Terutama terkait sengketa lahan. Karena bisa saja terjadi karena ketidaktahuan masyarakat.

Dia kemudian menjelaskan, sebenarnya dalam iklim investasi ada keuntungan antara perusahaan dan masyarakat. Salah satunya terhadap pergerakan roda perekonomian di wilayah sekitar investasi.

“Dengan kehadiran perusahaan, ada pergerakan ekonomi di sekitarnya. Untuk itu kita harus menciptakan iklim investasi di Kabupaten Lamandau tetap kondusif dan sehat, sehingga manfaatnya juga turut dinikmati masyarakat,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru