Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pentingnya Komitmen dan Eksistensi untuk Pengembangan Pangan Lokal

  • Oleh Penulis Opini
  • 27 Februari 2023 - 11:10 WIB

DALAM Bab I Pasal 1 Ketentuan Umum Undang Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dijelaskan Pangan Lokal adalah makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat, sesuai dengan potensi dan kearifan lokal.

Pengertian ini menggambarkan pangan lokal banyak tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Itu sebabnya, menjadi sangat tepat bila Pemerintah memandang perlu untuk mengembangkan pangan lokal dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Sebelum lahirnya Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional, sebetulnya Pemerintah telah memosisikan pangan lokal sebagai prioritas pembangunan pangan, khususnya dalam memperkokoh ketahanan pangan bangsa dan negara.

Peta jalan pengembangan pangan lokal telah dirumuskan, yang saat itu digarap oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Dengan adanya Badan Pangan Nasional, rintisan seperti ini tinggal dikembangkan lebih lanjut.

Namun sejumlah pihak kemudian mempertanyakan sejauh mana komitmen dan konsistensi untuk mengembangkan pangan lokal tersebut saat ini. Idealnya memang pengembangan pangan lokal bukan berbasis proyek, sehingga ketika proyek selesai tidak ada kelanjutannya.

Padahal peta jalan pangan lokal telah disusun dan dirumuskan sebagai wujud desain perencanaan, sehingga dibutuhkan komitmen dan konsistensi untuk dijalankan.

Potensi pangan lokal yang cukup beragam di Tanah Merdeka ini, tentu menuntut kepada semua pihak untuk menanganinya dengan penuh tanggung jawab.

Bukan semata tanggung jawab pemerintah, tetapi semua pihak yang menginginkan terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan yang madani di Tanah Air.

Maka idealnya pengembangan pangan lokal dilakukan dengan konsep gerakan yang ditumpu oleh seluruh pemangku kepentingan.

Sosialisasi Intens

Pengembangan pangan lokal harus diawali lewat sosialisasi yang intens kepada seluruh warga masyarakat.

Berita Terbaru