Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anjing dan Kucing Jadi Prioritas Program Vaksin Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Februari 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPT Puskeswan Kota Palangka Raya drh Eko Hari Yuwono mengatakan bahwa hewan domestik anjing dan kucing menjadi prioritas dalam program pemberian vaksin rabies gratis, meskipun hewan penular rabies atau HPR lainnya seperti kera dan musang juga akan divaksin juga apabila dipelihara masyarakat.

"Anjing dan kucing itu prioritas. Karena memang di kota kita ini dominan anjing yang menularkan rabies tapi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan itu justru yang banyak menularkan rabies adalah kucing," kata drh Eko pada Senin, 27 Februari 2023.

Lebih berbahayanya lagi, lanjut drh Eko, karena kucing dipelihara dengan lingkungan yang sangat dekat dengan manusia. Tidak seperti anjing yang kebanyakan dipelihara di kandang atau dirantai di luar rumah, kucing justru kebanyakan tinggal di dalam rumah bersama dengan pemiliknya.

"Apalagi di kita beberapa tahun lalu juga pernah ada kucing rabies di Palangka Raya jadi untuk antisipasi yang ketat, anjing dan kucing menjadi prioritas kita," tuturnya lagi.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan atau DPKP Kota Palangka Raya, Sumardi, memperhatikan kesehatan hewan peliharaan tidak hanya semata-mata demi kesehatan hewannya tetapi ujung-ujungnya juga untuk keamanan umat manusia.

"Karena kalau hewan yang tertular rabies menggigit manusia, maka manusia juga yang akan kena imbasnya," tuturnya lagi.

Hal ini terbukti menurut Sumardi dengan jatuhnya dua korban manusia akibat gigitan HPR di Kabupaten Barito Selatan. Kasus kematian pada manusia ini kemudian membuat Kabupaten Barsel harus menetapkan status Kejadian Luar Biasa atau KLB Rabies sejak awal Februari ini.

"Penyakit rabies ini belum ada obatnya sehingga hanya bisa dicegah yakni dengan pemberian vaksin rabies pada HPR dan pemberian vaksin anti rabies atau VAR kepada manusia yang sudah terlanjur tergigit HPR," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru