Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK Komitmen Kuatkan Perlindungan Konsumen dan Kebijakan Literasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Februari 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjalankan kebijakan literasi, inklusi keuangan serta penguatan perlindungan konsumen.

"OJK berkomitmen untuk terus mendekatkan konsumen dan masyarakat dengan produk keuangan melalui program edukasi dan perluasan akses keuangan untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024 sesuai arahan Bapak Presiden," kata Otto menyampaikan hasil Rapat Dewan Komisioner atau RDK Bulanan Februari OJK pada Selasa, 27 Februari 2023.

Salah satu program unggulan OJK, lanjut Otto, adalah Generic Model atau GM Ekosistem Keuangan Inklusif atau EKI di Wilayah Pedesaan.

"Melalui GM EKI, OJK mendorong terwujudnya ekosistem keuangan inklusif bagi masyarakat desa dengan memperkuat sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan di daerah melalui forum TPAKD," tuturnya.

Selain itu, melalui program ini, OJK juga berkomitmen untuk mengoptimalkan Kredit/Pembiayaan (K/P) Usaha Produktif Wilayah Perdesaan kepada UMKM ataupun masyarakat desa yang akan dikolaborasikan bersama Lembaga Jasa Keuangan formal dan pemangku kepentingan terkait.

"Implementasi GM EKI dapat disesuaikan dengan karakteristik masing-masing desa dan elemen desa. OJK mengharapkan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk dapat turut berperan dalam menggerakkan roda pembangunan serta mengembangkan keuangan inklusif di desa secara masif guna meningkatkan perekonomian masyarakat," bebernya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru