Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Prioritaskan Perlindungan Pekerja Bidang Kebersihan

  • Oleh Hendri
  • 01 Maret 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan, pemerintah pasti memberikan prioritas perlindungan bagi pekerja di bidang kebersihan.

Pasalnya, pekerja sektor kebersihan merupakan kalangan rentan yang wajib diberikan perlindungan jaminan sosial. Dalam memberikan perlindungan itu Pemko mendaftarkan mereka sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

"Dalam program perlindungan pekerja rentan maka petugas kebersihan masuk dalam prioritas itu juga. Program ini gratis, karena peserta yang didaftarkan sudah dibayarkan iuran bulanannya oleh pemerintah daerah," katanya, Rabu, 1 Maret 2023.

Ia mengatakan, dengan disertakan pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, maka akan memberikan rasa aman dan tentunya menjadi pendorong produktivitas para pekerja.

"Kita bisa meraih Adipura tahun ini juga tidak lepas dari kerja keras mereka yang bergelut di sana. Sehingga kepesertaan mereka dalam program perlindungan sosial kami utamakan, mulai dari sopir angkutan, penyapu jalan, petugas TPS, TPA dan petugas Bank Sampah," tuturnya.

Nilai manfaat yang diterima dari program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat mencegah masyarakat pekerja dan keluarganya jatuh menjadi keluarga miskin baru atau bahkan miskin ekstrem ketika mereka mengalami guncangan ekonomi akibat kecelakaan kerja ataupun krisis ekonomi.

"Kami pemerintah kota terus berupaya untuk mewujudkan jaminan sosial ketenagakerjaan yang mencakup seluruh pekerja sesuai Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2021," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru