Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKKBN Tekankan Target Penurunan Stunting

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Maret 2023 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengingatkan target nasional penurunan stunting.

“Pemerintah telah menetapkan stunting sebagai isu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024,” kata Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso di Palangka Raya, Rabu, 1 Maret 2023.

Ia menyampaikan RPJMN tersebut menargetkan penurunan yang signifikan dari 21,6 persen pada tahun 2022 menjadi 14 persen pada tahun 2024.

“Untuk Provinsi Kalimantan Tengah berada pada angka 26,9 persen lebih rendah dari angka nasional, dan akan diturunkan dan ditargetkan menjadi 15,38 persen pada tahun 2024,” sebutnya.

Sebelumnya Presiden RI, Joko Widodo juga menegaskan target penurunan angka gagal tumbuh atau stunting sebesar 14 persen dalam keterangan resminya.

Menurut Presiden, stunting masih menjadi masalah besar yang harus segera diselesaikan di Tanah Air. Apalagi stunting dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia sebuah negara, bukan hanya berdampak kepada kondisi fisik anak, melainkan juga kesehatan hingga kemampuan berpikir anak.

“Dampak stunting ini bukan hanya urusan tinggi badan, tetapi yang paling berbahaya adalah nanti rendah kemampuan anak untuk belajar, keterbelakangan mental, dan yang ketiga munculnya penyakit-penyakit kronis yang gampang masuk ke tubuh anak,” jelasnya saat itu. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru