Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUA Jekan Raya Revitalisasi Kantor Urusan Agama di Kalteng

  • Oleh Pathur Rahman
  • 02 Maret 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejak 2021 Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, melakukan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) se Indonesia demi mewujudkan layanan KUA lebih baik lagi.

Dari sebanyak 5.945 KUA di Indonesia, salah satunya KUA Kecamatan Jekan Raya terpilih menjadi KUA Revitalisasi atau KUA yang menjadi piloting program pusaka sakinah di Provinsi Kalteng.

Kepala KUA Kecamatan Jekan Raya H Lukmanul Hakim mengatakan, semenjak ditetapkan menjadi KUA Revitalisasi atau KUA percontohan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), pihaknya terus membenahi layanan publik masyarakat.

Seperti adanya layanan pendaftaran pengajuan nikah secara online melalui website atau aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), yang tentunya terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pemerintah daerah.

"Jadi sekarang layanan pendaftaran pengajuan nikah mudah dan cepat, bisa melalui website SIMKAH, atau jika tidak paham bisa dibimbing oleh resepsionis KUA Jekan Raya untuk melakukan pendaftaran pengajuan pernikahan di aplikasi SIMKAH," katanya, Kamis, 2 Maret 2023.

Lanjutnya, sebagai KUA Revitalisasi, pada tahun 2022 lalu KUA Jekan Raya dari 25 KUA se Indonesia, KUA Jekan Raya salah satu dari KUA yang dijadikan percontohan ekonomi umat, sesuai dengan keputusan Dirjem Binmas nomor 532 tahun 2022.

"Alhamdulillah tahun lalu ada 10 penerima manfaat yang masing-masing menerima bantuan Rp10 juta modal usaha dibekali beserta pelatihan, semoga tahun ini program tersebut kembali ada di KUA Jekan Raya," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru