Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wayang Kulit Banjar akan Meriahkan Festival Budaya Habaring Hurung

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Maret 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor akan mengundang wayang kulit banjar pada festival budaya habaring hurung.

"Nanti mudah-mudahan tidak ada perubahan saya akan mengundang wayang kulit banjar ini salah satu budaya yang dulu ada," ujarnya, Jumat, 3 Februari 2023.

Ia menuturkan, festival habaring hurung akan menghidupkan kembali budaya dayak. Seperti budaya wayabg banjar yang ia sebut saat ini peralatannya ada di Cempaga namun tidak ada penerusnya karena dalang telah meninggal. 

Ia menambahkan, festival habaring hurung akan dibuka Jumat malam, 10 Maret 2023. Sementara pertunjukan wayang banjar akan dilaksanakan Sabtu malam, 11 Maret 2023.

"Kita sudah lama tidak menonton wayang banjar. Rencana di depan kantor bupati sebagai rangkaian festival habaring hurung," tuturnya.

Di era kemajuan teknologi yang begitu pesat ia berharap adat dan budaya dayak harus tetap dipertahankan. Bahkan budaya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi warga asing untuk mendatangi Kotim. 

"Budaya kita harus tetap dipertahankan. Bahkan di Bali budaya bisa mendatangkan ekonomi," pungkasnya. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru