Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Tol dari Kalteng ke IKN di Kaltim Perlu Dibangun untuk Kelancaran Transportasi

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Maret 2023 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan jalan tol dari Kalteng ke IKN Nusantara di Kaltim perlu dibangun dalam rangka untuk memperlancar transportasi barang maupun jasa.

Wilayah Kalteng yang berdekatan langsung dengan IKN otomatis daerah ini akan menjadi salah satu penyangga. Oleh karenanya, sarana penunjang seperti infrastruktur jalan harus dapat dibangun oleh pemerintah dengan melibatkan piham ketiga.

"Pembangunan jalan tol perlu direncanakan baik itu Pemprov Kalteng bersama dengan Pemerintah Pusat mulai dari sekarang, dan itu juga harus melibatkan pihak ketiga agar pembangunanya dapat maksimal," ucapnya, Senin, 6 Maret 2023.

Dia menjelaskan, sebagai daerah penyangga tentunya Kalteng akan mengembangkan berbagai sektor terutama pada ketahan pangan, sehingga dengan adanya jalan tol itu maka dapat mempermudah akses distribusi barang dan jasa menuju IKN.

"Apabila memang dana daerah dan pusat tidak mampu untuk membangun jalan tol itu, solusinya tawarkan kepada investor atau pihak ketiga. Saya yakin pasti ada yang mau sebab, dana pembangunannya akan lebih cepat kembali," ujarnya.

Lanjutnya, jika dibandingkan dengan membangun rel kereta api dan semua sarana pendukungnya, pembangunan jalan tol tergolong lebih mudah dan murah. Pasalnya, rel kereta api beserta sarana pendukung lainnya itu sangat mahal apalagi kontur tanah disejumlah wilayah di Kalteng ada yang belum mendukung.


"Pastinya jalan tol akan lebih mudah dibangun dan biayanya pun murah, dari segi pendapatan juga akan lebih menguntungkan, karena setiap orang yang melewati jalan tol pastinya bayar. Dalam beberapa tahun saja modal pasti akan kembali. Harapan kita itu bisa diwujudkan," tukasnya. (DONNY D/R)

Berita Terbaru