Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pastikan Siap Siaga, Polsek Aruta Gelar Apel Sapras Penanganan Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Maret 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka kesiapsiagaan personel dan sarana prasarana, di wilayah Kecamatan Arut Utara (Aruta), Polsek Aruta melaksanakan kegiatan apel gelar Sapras dan penanganan Karhutla, di halaman mapolsek setempat, pada Rabu, 8 Maret 2023.

Apel yang dipimpin Kapolsek Aruta Ipda Agung Sugiarto ini diikuti jajaran Polsek Aruta, anggota, Koramil 1014-04 Arut Utara, tim damkar SINP PBNA, tim damkar KTH dan personil MPA Kelurahan Pangkut.

"Apel ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan Personel, serta sarana prasarana dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam Karhutla di wilayah Aruta," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ipda Agung Sugiarto menyampaikan jika pihaknya terus melakukan dan meningkatkan kesiapsiagaan, dalam menghadapi musim panas yang rawan akan terjadinya Karhutla. "Ini sebagai bentuk upaya dan kesungguhan kita, dalam mengantisipasi dan mengatasi bencana yang kerap terjadi di saat musim kemarau yaitu Karhutla," tuturnya.

Jadi, sebelum terjadinya Karhutla, mulai dari sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat di Kecamatan Arut Utara terus dilaksanakan, agar semua lapisan masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga hutan dan lahan.

Untuk itu, dalam kegiatan ini ia mengimbau para personil Bhabinkamtibmas Polsek Arut Utara agar menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat, agar sesegera mungkin melaporkan jika mengetahui kejadian kebakaran hutan dan lahan.

"Saya juga mengharapkan, agar kita tetap sinergi dan saling bahu membahu dengan instansi terkait baik TNI - Polri serta unsur muspika dan instansi terkait lainnya," ungkapnya.

Ia menegaskan, bahwa dalam penangan karhutla sudah menjadi atensi dari pimpinan, baik tingkat Polres maupun Polda, maka dari itu mari bersama - sama untuk berupaya mencegahnya.

"Dalam hal ini dari pihak beberapa perusahaan yang berada di wilayah Arut Utara, sudah membantu kita dalam hal kesiapan alat penanganan karhutla, serta menyiapkan beberapa pos pantau di beberapa tempat, saya mengucapkan terima kasih banyak," sebutnya.

Adapun sarana dan prasarana yang di gelarkan pada apel kali ini diantaranya, ranmor dinas roda 2 sebanyak 8 unit, roda 4 sebanyak 1 unit, roda 6 pemadam kebakaran 2 unit, alat pemadam kebakaran yakni mesin Robin 3 unit  milik Polsek Arut Utara, dan alat pemadam kebakaran rotan 6 buah. (DANANG/H)

Berita Terbaru