Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Prihatin Kecamatan di Mura ini Tidak Ada Jalan Darat dan Jaringan Listrik

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Maret 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng Achmad Rasyid merasa prihatin karena masih ada wilayah kecamatan di Kabupaten Murung Raya (Mura) seperti Sumber Barito tidak ada jalur darat atau jalan penghubung dan juga jaringan listrik.

Padahal kata Rasyid, Sumber Barito merupakan kecamatan tertua di Mura semenjak kabupaten tersebut terbentuk pada tahun 2002 lalu. Akan tetapi mirisnya masih belum ada jalan penghubung menuju wilayah tersebut ditambah lagi tidak jaringan listrik yang merupakan salah satu kebutuhan saat ini.

"Ada terdapat 9 desa di Kecamatan Sumber Barito yakni Kelapeh Baru, Tumbang Masao, Batu Makap, Tumbang Kunyi, Olung Liko, Teluk Jolo, Laas Baru, Tumbang Tuan dan Tumbang Mulut. Jumlah penduduknya sekitar 8.268 jiwa berdasarkan data BPS 2018, tapi anehnya hingga kini masih tidak ada jalan penghubung dan juga jaringan listrik disana," ujarnya,Kamis, 9 Maret 2023.

Rasyid mengungkapkan, untuk menjangkau Kecamatan Sumber Barito saat ini akses yang digunakan yakni melalui jalur sungai Barito dengan perahu atau kelotok maupun speed boat. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan terlebih disaat air pasang dengan arus yang deras dan juga ketika air surut dengan kondisi bebatuan yang bermunculan.

"Saya sendiri merasakannya ketika melaksanakan reses kesana baru-baru ini. Kondisi tersebut tentu mengkhawatirkan, apalagi bagi mereka yang tidak bisa berenang sangat berbahaya ketika ada hal yang tidak diinginkan. Inilah mengapa persoalan itu harus dipehatikan oleh pemda," ujarnya.

Selanjutnya, kondisi memprihatinkan juga terdapat di Desa Tumbang Kunyi. Di mana desa itu merupakan ibu kota Kecamatan Sumber Barito, disini tidak ada jaringan listrik PLN yang tersambung sehingga kondisi demikian sangat berdampak pada pemerintahan desa, pendidikan, kesehatan maupun perekonomian masyarakat.

"Kita meminta kepada Pemprov Kalteng agar saling bahu membahu bersama dengan Pemkab Mura untuk membangun jalur darat atau jalan penghubung menuju kecamatan tersebut. Begitu juga kepada pihak PLN agar dapat memperhatikan atau membangun jaringan listrik disana, karena untuk memnuhi kebutuhan akan litrik masyarakat harus menggunakan genset mandiri, itu tentu akan menambah beban karena kondisi sekarang harga BBM mahal," pungkasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru