Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Kolaborasi Lakukan Riset Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Maret 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kemendikbud Ristek RI, Profesor M Faiz Syuaib mengatakan bahwa perlu kolaborasi untuk melakukan riset mengenai komoditi kelapa sawit.

"Hasil riset dapat dilanjutkan dan ditilik potensi kebermanfaatannya. Saya yakin Indonesia akan memiliki daya saing unggul. Namun demikian, diperlukan upaya kolaborasi dengan menggandeng pemilik dana atau investor dan lembaga pendanaan riset, seperti BPDPKS," kata Prof Faiz dalam rilis kepada Borneonews pada Kamis, 8 Maret 2023.

Hal ini dikatakannya Prof Faiz saat menjadi narasumber dalam acara final Program Grant Riset Sawit Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, seperti tertuang dalam rilis kepada Borneonews pada Rabu, 8 Maret 2023.

"Kolaborasi antar lembaga ini sangat dibutuhkan untuk membuat riset menjadi berkualitas dan bermanfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

Program Grant Riset Sawit Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS telah memasuki tahun keempat sejak dilaksanakan pada tahun 2016, 2018, 2021, dan kini 2023. Tahun ini, kemeriahannya lebih terasa dengan hadiah yang juga tidak sedikit mencapai Rp50 juta hanya untuk juara pertama, ditambah juara kedua sebesar Rp35 juta dan Rp25 juta untuk juara ketiga. Ditambah lagi, dari dari sebanyak 351 proposal yang diusulkan oleh para mahasiswa S1 dan Diploma dari seluruh Indonesia, ditetapkan 30 riset yang kemudian melaksanakan kegiatan penelitian yang didanai oleh BPDPKS dengan dana maksimal Rp20 juta dalam jangka waktu 8 bulan.

"Saya sangat berterima kasih kepada BPDPKS yang telah menginisiasi untuk pendanaan riset kepada mahasiswa dan Peneliti sehingga tercipta hingga 30 penelitian berkualitas. Tentu berkualitas karena penelitiannya benar-benar dilakukan dan didanai dengan maksimal. Hingga keluar tiga pemenang lagi yang juga mendapatkan dana penelitian lagi. Sangat apresiasi dengan BPDPKS," tutur Prof Faiz. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru