Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Peringkat 2 Paritrana Award di Kalteng

  • Oleh Hendri
  • 09 Maret 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya berhasil meraih peringkat dua pada penilaian Paritrana Award 2022 yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kategori Provinsi Kalteng.

"Itu kami dapatkan baru Februari lalu dan kita bersaing dengan 13 pemerintah kabupaten lain di Kalimantan Tengah," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, Kamis, 9 Maret 2023.

Peringkat itu didapat usai BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya melakukan seleksi terhadap 21 nominator Paritrana Award. Umi Mastikah mengaku terkejut, bahwa pemerintah kota mendapat peringkat tersebut.

"Kami fokus bagaimana mengoptimalkan tenaga kerja bisa terlindungi, dan mendapatkan hak-haknya. Kita tau Palangka Raya merupakan tempat persinggahan dan tempat kedatangan orang banyak dan pencari kerja dan sebagainya," tuturnya.

Di Kota Palangka Raya, tercatat 32.154 telah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan (JAMSOSTEK). Jumlah itu terdiri dari kategori pekerja penerima upah dan pekerja bukan penerima upah.

Pada sektor penerima upah tercatat 21.665 sebagai peserta aktif BPJAMSOSTEK. Pada sektor bukan penerima upah tercatat 10.489 sebagai peserta aktif.

Dari jumlah sektor bukan penerima upah yang ada, 1.666 tenaga kerja rentan, terdiri dari juru parkir, tim pendamping keluarga dan relawan pemadam kebakaran iuran kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan dibiayai APBD.

"Penghargaan paritrana ini akan menjadi penyemangat bagi kami untuk meningkatkan perlindungan terhadap para pekerja. Kami juga akan memperkuat payung hukum terkait jaminan sosial ketenagakerjaan," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru