Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai di Jalan Tjilik Riwut II Pangkalan Bun Dinormalisasi Demi Aliran Lancar dan Tidak Berbau

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Maret 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hasil peninjauan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Barat (Kobar), ternyata penyebab bau menyengat di sungai yang berada di Jalan Tjilik Riwut II Pangkalan Bun, selain akibat limbah ternyata juga karena terjadi pendangkalan sungai.

Untuk itu, DLH Kobar berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kobar mulai melakukan normalisasi sungai, dengan mengerahkan alat berat.

Disampaikan oleh Kadis DLH Kobar Fitriyana melalui Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Nurliani, bahwa pihaknya kini sudah mulai melakukan normalisasi sungai Tjilik Riwut.

"Tindaklanjut pengaduan warga kemarin dan hasil rapat koordinasi kami, kita sudah mulai normalisasi anak sungai di Jalan Tjilik Riwut II Pangkalan Bun," ujarnya, Kamis, 9 Maret 2023.

Diungkapkannya, bahwa memang anak sungai tersebut mengalami pendangkalan, sehingga aliran sungai tidak lancar.

"Sungai dipenuhi dengan rumput, lumpur dan juga ada enceng gondok," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa DLH Kobar menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait adanya bau menyengat di aliran sungai tersebut. Setelah dilakukan uji lab, ternyata penyebabnya karena tercemar oleh limbah pengolahan tempe dan juga limbah deterjen.

Pihak DLH pun melakukan koordinasi dengan instansi terkait, baik dengan Disperindagkop dan UKM serta PUPR untuk penangannya. (DANANG/H)

Berita Terbaru