Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Kobar Gencar Sosialisasikan Teknologi Building Information Modelling

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Maret 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) gencar menyosialisasikan Building Information Modelling (BIM) pada sektor konstruksi.

Hal tersebut dilaksanakan mengingat pentingnya pengetahuan mengenai BIM dalam rangka peningkatan kualitas jasa konstruksi ke arah yang lebik baik.

Disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kobar, M Hasyim Muallim, bahwa pihaknya dalam beberapa hari terakhir ini sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penegenalan BIM dengan menghadirkan narasumber Ir Noldi R Tobogu dari Bangun Persada Indonesia - Borneo.

Menurut Hasyim, meningkatnya perkembangan konstruksi di indonesia mengharuskan adanya penyesuaian dan pembaharuan teknologi, di antaranya terjadi perubahan gambar akibat ketidaksesuaian desain dengan pekerjaan konstruksi di lapangan, yang mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efisien. 

"Salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut demi kelancaran dan efisiensi dalam pekerjaan di bidang konstruksi adalah penerapan teknologi building information modelling atau disingkat BIM," ujar Hasyim, Jumat, 10 Maret 2023.

Diketahui, sosialisasi BIM pertama diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari OPD, Badan usaha Penyedia Jasa Konstruksi, mahasiswa dan akademisi di Kabupaten Kobar serta mengundang Dinas PUPRPRKP Kabupaten Sukamara.

Kemudian kedua, memberikan pengetahuan mengenai BIM demi meningkatan kualitas jasa konstruksi dimulai dari jalur vokasional atau SMK. Dalam kesempatan ini, sosialisasi digelar di SMK Negeri 2 Pangkalan Bun, dengan kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) Teknik Gambar Bangunan dan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP).

Hasyim Muallim berharap, melalui kegiatan Sosialisasi BIM ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi dalam peningkatan pembangunan yang berkelanjutan serta meningkatkan efisiensi terhadap pelaksaan kegiatan konstruksi.

"Diharapkan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan SDM di bidang jasa konstruksi, dan infrastruktur di bidang konstruksi menjadi lebih berkembang, serta memberikan efisiensi terhadap pekerjaan konstruksi di Kabupaten Kotawaringin Barat," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru