Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Ramadan, PMI Kobar Ajak Masyarakat Donor Darah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Maret 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pejabat pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengajak masyarakat untuk donor darah sebelum ramadan. Ajakan itu disampaikan unutk menjaga ketersediaan stok darah selama bulan ramadan.

Disampaikan oleh Administrasi UDD PMI Kobar, Hartati bahwa biasanya saat ramadan, pendonor menurun, karena pada umumnya masyarakat menjalankan ibadah puasa.

"Jadi kita berupaya untuk memenuhi stok darah saat ramadan, sehingga sebelum ramadan ini kita mengajak masyarakat untuk dapat mendonorkan darahnya," ujarnya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Selain itu juga, selama momen bulan ramadan pihaknya tidak mengadakan kegiatan donor darah. Namun, pihaknya masih melayani jika ada yang mendonorkan darahnya.

"Kalau waktu ramadan, ini yang rutin melakukan kegiatan donor itu dari pihak gereja. Sehingga ini sangat membantu kami dalam memenuhi stok darah di PMI," sebutnya.

Untuk jumlah stok darah di UDD PMI Kobar pada 9 Maret 2023 kemarin, terdiri atas golongan darah A 16 kantong, B 38 kantong, O 60 kantong, AB 1 kantong, sementara untuk stok darah trombosit concentrate (TC) A 3 kantong, B 5 kantong, O 3 kantong, AB - nihil.

Hartati menambahkan, bahwa kegiatan donor darah yang dilakukan atas inisiatif dari elemen masyarakat ini, sangat membantu pemenuhan ketersediaan darah di PMI. Seperti kegiatan bakti sosial dengan donor darah yang digelar oleh CBI Group belum lama ini.

"Sangat membantu sekali, bisa sampai 50 persen lebih stok darah di PMI dari kegiatan diluar gedung PMI," tuturnya.

Diinformasikan, berikut manfaat dari donor darah, diantaranya menjaga kesehatan jantung, memperbaiki sel darah, menyeimbangkan zat besi dalam tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, mendeteksi penyakit serius secara dini (HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Sypilis).

"Darah anda dapat menyelamatkan orang lain dan dapat mengetahui golongan darah tanpa dipungut biaya," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru