Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kecamatan di Kabupaten Lamandau Dilanda Banjir

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Maret 2023 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kecamatan Batang Kawa dan Kecamatan Bulik Timur, Kabupaten Lamandau diterjang banjir. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Lamandau di wilayah hulu, setelah hujan teras terjadi beberapa hari terakhir.

Banjir terjadi di beberapa titik di Kecamatan Bulik Timur dan Kecamatan Batang Kawa, dengan ketinggian genangan air bervariasi mencapai hingga 100 cm atau mencapai pinggang orang dewasa.

Dari hasil pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, Senin 13 Maret 2023, sedikitnya ada 298 jiwa dari 58 KK yang terdampak banjir di Desa Padongatan, Kecamatan Bulik Timur, sedangkan 1 fasilitas umum dan 3 fasilitas sosial juga ikut terendam banjir.

Sementara untuk Kecamatan Batang Kawa, sebanyak 31 jiwa dari 8 KK terdampak banjir di Desa Mangkalang, sisa ada 11 jiwa dari 3 KK di Desa Kinipan juga ikut terdampak banjir di bagian hulu Sungai Lamandau tersebut.

“Dengan demikian terdapat tiga desa yakni Desa Padongatan, Mangkalang, dan Kinipan yang terkena dampak bencana banjir yang cukup parah, dengan jumlah total terdampak sebanyak 69 KK atau 340 jiwa,” kata Plt kepala pelaksana BPBD Lamandau, Gustoni.

Sebelumnya hujan deras dengan intensitas tinggi, yang terjadi di wilayah hulu Kabupaten Lamandau, dengan  durasi selama 5 hingga 6 jam di Kecamatan Bulik Timur dan Kecamatan Batang Kawa. Kondisi ini menyebakan meluapnya Sungai Lamandau, di wilayah hulu hingga mengakibatkan banjir  yang merendam pemukiman rumah warga.

“Sementara itu banjir terparah terpantau terjadi di Desa Pedongatan, dimana  kondisi air saat ini masih terus bertambah dengan ketinggian air di perumahan penduduk kurang lebih mencapai 100 cm,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pantauan tinggi muka air DAS Lamandau pada STA Pantau Dermaga Batu Bisa per tanggal 13 Maret 2023, ketinggian air berada pada level 562 cm Pada level Siaga I, mengalami kenaikan stinggi 92 cm dari sebelumnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru