Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MUI Lamandau Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Maret 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lamandau menggelar Pelatihan pemulasaran jenazah menurut syariat agama Islam di Masjid Nurul Hasanah Desa Sumber Cahaya, Kecamatan Belantikan Raya, Senin, 13 Maret 2023.

Ketua MUI Kabupaten Lamandau KH Nur Afif menjelaskan, dengan kegiatan tersebut, diharapkan warga di Desa Sumber Cahaya bisa melakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan syariat Islam, atau biasa disebut manasik jenazah.

Menurutnya, dalam setiap masjid minimal ada satu orang yang bisa melakukan pemulasaran jenazah baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki standar keahlian dan pemahaman yang tepat. Di dalam agama Islam, merawat jenazah hukumnya fardhu kifayah.

“Dengan hukum ini, sekiranya ada orang muslim meninggal dan sudah ada yang merawat jenazahnya, maka gugurlah kewajiban umat muslim yang lain,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, terlihat para pemateri langsung mempraktikan cara merawat jenazah menggunakan kain kafan. Sehingga para peserta atau jemaah yang hadir pun terlihat sangat antusias dan memperhatikan dengan saksama.

Sementara, pengasuh Majelis Taklim Nurul Hasanah Desa Sumber Cahaya, Kecamatan Belantikan Raya, Hamdi menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kegiatan yang digelar oleh MUI Kabupaten Lamandau. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena disampaikan secara detail dan praktik langsung.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan MUI Kabupaten Lamadnau di desa kami. Hal ini belum pernah disampaikan secara detail, menurut saya ini sangat bermanfaat karena ada ilmu baru yang diterima masyarakat,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru