Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Gunung Mas Ajak Masyarakat Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

  • Oleh Riska Yulyana
  • 14 Maret 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas telah membuka pelayanan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) melalui smartphone.

"Saat ini kami telah membuka pelayanan aktivasi IKD untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Gunung Mas yang sudah melakkan perekaman KTP elektronik," ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Kepala Disdukcapil Gunung Mas Barthel, Selasa, 14 Maret 2023.

"Mari kita aktivasi aplikasi IKD," ajaknya.

Barthel melanjutkan, masyarakat bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil Gunung Mas pada Hari Senin-Jumat pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB untuk melakukan aktivasi IKD tersebut. Hal-hal yang perlu dipersiapkan yakni, NIK, alamat email dan nomor telepon yang aktif.

Selain itu, pihaknya juga berencana untuk melakukan jemput bola, membuka pelayanan aktivasi IKD ke kantor-kantor instansi hingga di tempat-tempat lainnya di Kabupaten Gunung Mas.

Barthel menjelaskan manfaat IKD yakni mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik dan juga mempermudah mengakses data keluarga.

"Jika KTP elektronik yang dimiliki tertinggal, maka masyarakat tidak perlu khawatir lantaran data terkait kependudukan sudah ada di aplikasi IKD usai dilakukan aktivasi sebelumnya," kata Barthel.

Dikatakannya, masyarakat bisa mengakses berbagai data dalam aplikasi IKD seperti KTP dan KK digital, vaksin Covid-19, nomor pokok wajib pajak (NPWP), data kartu kepegawaian virtual, data BPJS Kesehatan, dan daftar pemilih tahun 2024.

"Harapannya ke depan tidak ada lagi pencetakan fisik dari KTP elektronik, tidak ada lagi masalah KTP elektronik yang hilang atau tertinggal, dan tidak ada lagi fotocopy KTP elektronik untuk mengakses pelayanan publik," tandas Barthel. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru