Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalimantan Tengah Dorong Capaian UHC di Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Maret 2023 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage atau UHC. Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 2.542.310 jiwa penduduk Provinsi Kalimantan Tengah telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN dari total jumlah penduduk 2.672.790 jiwa atau sebesar 95.12 persen.

Hal ini disampaikan BPJS Kesehatan Cabang Kota Palangka Raya melalui rilisnya kepada Borneonews pada Selasa, 14 Maret 2023.

"Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota adalah mendorong target RPJMN. Target tersebut yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah," kata Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin saat memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung program JKN.

Sampai dengan 1 Maret 2023, lanjutnya, jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo mengungkapkan apresiasi serta rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya.

"Kita Pertama-tama kita berterima kasih bahwa Kalimantan Tengah mencapai kepesertaan 95 persen perlindungan kesehatan kepada masyarakat Kalimantan Tengah. Ini juga berkat kerja kompak, kerja bareng kita betapa pentingnya pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat dalam rangka mendukung sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga bidang kesehatan merupakan hal yang sangat mendasar untuk memberikan jaminan kepada masyarakat agar bisa mewujudkan apa yang kita inginkan,” ujar Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah menerangkan dengan kesehatan yang baik pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing juga akan bisa terwujud dengan baik.

"Diharapkan target 2023 tercapai 98 persen, nanti kita berkolaborasi dengan pemerintah daerah, kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, kita harapkan juga yang belum tercapai UHC-nya bisa mengejar sekaligus mengejar kepesertaan. Dukungan dalam hal pengangggaran melalui pemerintah daerah masing-masing," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/J)


TAGS:

Berita Terbaru