Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Dapat Rp27 Juta Sekali Bobol ATM Pakai Obeng

  • 08 Maret 2016 - 20:46 WIB

Spesialis pembobol anjungan tunai mandiri (ATM) BRI, AG, YD dan BB bisa meraup uang hingga puluhan juta rupiah Hanya bermodal obeng,

"Hanya ATM BRI yang bisa, ATM bank lain nggak bisa, Mas," kata tersangka AG, di Mapolres Kotawaringin Barat (Kobar). Selasa (8/3/2016).

Ketiganya melakukannya dengan langkah awal mematikan sorotan kamera pengawas CCTV. Caranya, setelah memastikan keadaan sepi dan aman, dia mengambil tempat sampah tabung yang biasanya ada di dalam bilik ATM. Tempat sampah itu dia jadikan pijakan agar tangannya bisa sampai ke tempat CCTV berada yang biasanya di pasang di dinding atas.

"Teman saya semprot CCTV menggunakan cat spray, lalu saya mulai beraksi," terang AG.

Selanjutnya kartu ATM dimasukkan mesin dan meminta ATM mengeluarkan sejumlah uang. Sebenarnya bukan jumlah uang yang dicari, tetapi itu hanyalah pancingan agar mulut ATM yang mengeluarkan uang terbuka. 

Begitu mulut ATM terbuka, dengan cepat tersangka mengganjalnya dengan obeng. Yang terjadi kemudian adalah mulut ATM tetap dalam keadaan terbuka.

Dalam keadaan itu, tersangka kembali melakukan transaksi penarikan uang. Uang yang ditarik sesuai jumlah yang diinginkannya terus keluar. Namun saldo di dalam kartu ATM tidak berkurang.

"Di Kobar ada dua TKP, tersangka meraup uang Rp27 juta,' ujar Kasat Reskrim Polres Kotawaringin Barat (Kobar).

Uang itu berasal dari dua ATM BRI di Jalan Pakunegara, Pangkalan Bun dan ATM BRI Cabang Sungai Rangit, SP5, Kecamatan Kumai. Namun dalam aksi terakhir, tersangka langsung diburu dan diringkus polisi di Desa Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Lada.

Pada TKP terakhir, tersangka sudah melakukan transaksi penarikan uang sebanyak 11 kali yang masing-masing nilainya Rp 1,25 juta dalam pecahan Rp50 ribu. "Kalau pecahan uang ATM Rp100 ribu, tersangka melakukan sekali penarikan sebesar Rp2,5 juta. Untuk yang pecahan Rp50 ribu sekali tarik Rp1,5 juta,' ujar Kasat Reskrim

Saat melakukan penarikan ke-12, mesin ATM tidak dapat mengeluarkan uang. Karena itu, tersangka mencabut salah satu kabel mesin ATM, lalu dipasang lagi. Itu agar mesin ATM restart, lalu melakukan penarikan satu kali dengan jumlah nominal Rp1,25 juta. Namun komplotan ini buru-buru mengakhiri aksinya karena didatangi petugas kemanan bank.

Dari pengakuan tersangka, tidak semua mesin ATM bisa dibobol menggunakan cara atau modus mengganjal mulut ATM. Hanya mesin-mesin ATM lama yang bisa dibobol menggunakan cara itu.(CR-1/m)

Berita Terbaru