Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arus Lalulintas Bakal Ditutup Saat Perbaikan Lantai Jembatan Sei Katingan, Catat Jadwalnya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Maret 2023 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Arus lalulintas baik arah Sampit maupun Palangka Raya rencananya bakal ditutup pada saat perbaikan atau penggantian lantai Jembatan Sei Katingan di Kasongan.

Hal ini disampaikan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kepala Satuan Kerja PJN wilahah I Kalteng, Albed Eko Limbong sesuai surat yang dikirmkan ke berbagai pihak terkait rencana penggantian lantai Jembatan Sei Katingan yang juga diterima media ini, Rabu, 15 Maret 2023.

Dalam surat itu juga disebutkan rencana manajemen lalu lintas pada saat pelaksanaan pekerjaan antara lain, pengaturan lalu lintas pada saat pembongkaran lantai jembatan, pembesian dan pemasangan begisting, dikarenakan adanya penutupan satu lajur jembatan.

Kemudian rencana penutupan jembatan total selama kurang lebih 6 jam antara pukul 23.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2023 dan tanggal 7 April 2023 selama 2 hari, hal ini diperlukan untuk menghindari getaran pada lantai jembatan pada saat pengecoran maupun proses umur beton serta mengurangi panas hidrasi campuran beton rapid setting.

Hal lainnya selama proses konstruksi akan dipasang rambu-rambu lalu lintas, flagman dan banner.

Tiga bulan lalu sebagian lantai Jembatan Sei Katingan di Kasongan yang membentang di atas Sungai Katingan rusak berupa lubang menganga atau bolong.

Di sekitar lubang tersebut juga disertai aspal yang retak-retak,  sehingga pihak terkait saat itu menutup lubang lantai dan aspal yang retak tersebut dengan beberapa lembar pelat besi sambil menunggu perbaikan secara permanen. 

Jembatan Sei Katingan di Kasongan ini adalah akses satu-satunya di wilayah Kasongan dan sekitarnya untuk arus lalu lintas darat baik arah Sampit maupun Palangka Raya. 

Sebenarnya di Kabupaten Katingan ada satu lagi jembatan yang melintang di atas Sungai Katingan,  yakni Jembatan Tumbang Samba yang berada di Kecamatan Katingan Tengah.

Arus lalu lintas dari arah Palangka Raya yang hendak menuju Sampit atau Pangkalan Bun maupun sebaliknya sebetulnya bisa melalui jembatan tersebut melewati Jalan Soekarno-Hatta Kasongan yang nantinya bakal tembus di Km 30 dekat perbatasan antara Kabupaten Katingan dengan Kabupaten Kotim,  namun jarak tempuhnya lebih lama. 

Berita Terbaru