Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Pemprov Kalteng akan Bedah 85 Unit Rumah Tidak Layak Huni

  • Oleh Hendri
  • 17 Maret 2023 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng akan melaksanakan program bedah rumah tahun anggaran 2023.

"Tahun ini ada 85 unit dan saat ini kami sedang melakukan verifikasi sesuai dengan usulan yang disampaikan pemerintah kabupaten/kota," kata Kepala Disperkimtan Kalteng, Erlin Hardi, Jumat, 17 Maret 2023.

Pada program ini pemerintah menyediakan anggaran kurang dari Rp3 miliar. Biaya untuk setiap unitnya sebesar Rp30 juta dengan rincian Rp25 juta untuk pembelian material dan Rp5 juta untuk upah tukang.

"Nanti yang mengerjakan juga masyarakat setempat supaya sama-sama mendapatkan hasil melalui program ini. Rumah yang tidak layak menjadi layak dan pekerja bangunan atau tukang setempat dapat upah juga. Intinya supaya menggerakkan ekonomi masyarakat wilayah kegiatan itu nantinya,"  ujarnya.

Penerima program ini harus memenuhi beberapa ketentuan, di antaranya merupakan warga tidak mampu atau berpenghasilan rendah. Rumah yang dihuninya merupakan milik sendiri yang dibuktikan dengan surat kepemilikan tanah tempat bangunan tersebut berdiri.

Meski begitu pihaknya belum bisa memastikan wilayah mana saja yang menjadi sasaran program tersebut, karena saat ini tim sedang melakukan verifikasi sambil menunggu penetapan dari Gubernur Kalteng.

"Untuk lokasinya kita masih menunggu SK Gubernur, tim kita sudah mulai verifikasi dan ada konsultan khusus juga untuk memastikan bahwa usulan tersebut memang layak untuk mendapatkan program bedah rumah," pungkasnya. (HENDRI/R)

Berita Terbaru