Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Selamatkan Induk dan Anak Trenggiling Tersangkut Jaring

  • Oleh Apriando
  • 17 Maret 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah menyelamatkan dua ekor satwa trenggiling, induk dan anaknya.

Warga yang melaporkan peristiwa tersebut menemukan dua ekor trenggiling tersangkut pada jaring pagar tanaman. Sebelumnya, mendengar adanya suara anjing yang terus menggonggong di dekat rumah mereka. 

Menurut Junaedy Slamet Wibowo, Kepala SKW I BKSDA Kalteng, dua ekor trenggiling itu terendam air karena curah hujan yang lebat hingga mengakibatkan mereka keluar dari habitatnya untuk mencari lokasi yang lebih kering. Dalam kondisi lemah, keduanya tersangkut pada jaring pagar tanaman.

Tim WRU SKW I BKSDA Kalteng segera datang ke lokasi setelah menerima laporan dari warga pada selasa, 14 Maret 2023. Pada hari yang sama, pihaknya berhasil melepaskan trenggiling dari jaring pagar dan membawa mereka ke tempat yang lebih aman. Berat kedua trenggiling tersebut sekitar 2 kilogram dan 100 gram.

"Kami sangat berterima kasih kepada warga yang telah peduli dan menyelamatkan satwa trenggiling tersebut. Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang menemukan satwa liar di sekitar pemukiman untuk segera menghubungi Call Center kami di 08115218500 agar dapat ditangani dengan cepat dan aman," ujar Junaedy Slamet Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 Maret 2023

Trenggiling termasuk dalam daftar satwa liar yang dilindungi dan terancam punah di Indonesia. Sehingga, penangkapan, pemeliharaan, pengambilan dan perdagangan trenggiling tanpa izin dari pihak berwenang adalah dilarang dan dapat dikenakan sanksi pidana. (APRIANDO/Y)

Berita Terbaru