Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Turki Setujui Proses Keanggotaan Finlandia di NATO

  • Oleh ANTARA
  • 18 Maret 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Ankara - Turki pada Jumat mengatakan menyetujui proses protokol keanggotaan NATO untuk Finlandia di sidang parlemen mereka.

Dengan memperhatikan bahwa Finlandia telah memenuhi masalah keamanan Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Finlandia Sauli Niinistro di Ankara mengatakan Turki telah memutuskan untuk mengajukan proses persetujuan protokol keanggotaan NATO untuk Finlandia di parlemen negara itu.

Menyebutkan negosiasi atas permohonan Swedia dan Finlandia pada KTT NATO Madrid pada Juni 2022, Erdogan mengatakan Turki salah satu negara yang membela kebijakan pintu terbuka NATO.

“Turki telah melihat Finlandia melakukan langkah tulus dan nyata untuk memenuhi komitmennya dalam memorandum tiga pihak sejak ditandatangani pada KTT Madrid,” kata Erdogan.

Erdogan menambahkan bahwa NATO akan semakin kuat dengan masuknya Finlandia sebagai anggota, ia meyakini negara itu akan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan stabilitas global.

Lebih jauh Erdogan menegaskan bahwa hubungan Turki-Finlandia akan diperkuat berdasarkan persekutuan NATO menyusul penyelesaian proses persetujuan itu.

Mengenai proses untuk Swedia, Erdogan mengatakan bahwa Turki akan terus melakukan pembicaraan berdasarkan prinsip-prinsip aliansi dan pendekatan keduanya dalam memerangi terorisme.

“Saya yakin prinsip dan niat baik negara kami dalam mempercepat proses (aksesi NATO) dapat dilihat lebih jelas,” tambah Erdogan.

Erdogan mengatakan Stockholm telah menerima terorisme, yang tidak terjadi pada Finlandia seraya menekankan bahwa perkembangan proses aksesi keanggotaan tergantung pada langkah nyata yang diambil Swedia.

Erdogan mengingatkan, Turki telah mengajukan daftar 120 teroris kepada Swedia dan mendesak pemerintah negara itu untuk menyerahkan mereka kepada Turki.

Berita Terbaru