Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebahagiaan Warga Binaan Rutan Tamiang Layang Sambut Ramadan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Maret 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Suasana berbeda terasa di Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur saat malam pertama pelaksanaan salat tarawih dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan 1444 Hijriyah. Warga binaan Rutan Tamiang Layang begitu antusias mengikuti shalat tarawih yang dilaksanakan di Masjid AL-Akbar Rutan Tamiang Layang, Rabu, 22 Maret 2023.

Dalam kesempatan malam tarawih pertama ini, Kepala Rutan Tamiang Layang Surya Dharma memberikan siraman rohani kepada warga binaan yang hadir. Dalam pesannya Karutan berpesan bahwa puasa itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat.

"Seluruh warga binaan yang beragama Islam diberi kesempatan yang sama untuk mendapatkan hak dalam beribadah pada bulan Ramadan, jadi manfaatkan waktu yang telah diberikan dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban," pesannya.

Pelaksanaan salat tarawih dipimpin oleh Ahmad Zawawi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur dan berlangsung dengan penuh khidmat dan khusyuk dalam kesederhanaan dan semangat para warga binaan menyambut bulan Ramadan.

"Rasa rindu dan keinginan melaksanakan puasa bersama keluarga harus mereka relakan selama menjalani pidana di dalam rutan. Tetapi itu bukan menjadi halangan mereka dalam menimba amal baik selama bulan Ramadan," ujar Karutan usai salat tarawih.

Seperti halnya pada bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya, Rutan Tamiang Layang selalu mengadakan salat tarawih di masjid yang di lingkungan rutan dan diikuti oleh seluruh warga binaan beragama Islam.

"Hal ini selain untuk meningkatkan keimanan warga binaan, juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan diantara mereka sehingga terbentuk suatu lingkungan hidup yang tenang, tentram dan menyenangkan bagi warga binaan di dalam," jelas Surya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru