Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Syarat Sapi dari Luar Pulau Bisa Masuk ke Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Demi memenuhi kebutuhan daging sapi untuk kebutuhan daging masyarakat Kota Palangka Raya, para pengusaha sapi potong mendatangkan pasokan sapi dari luar Pulau Kalimantan seperti dari Sumatera dan Jawa Timur. Meski demikian, ada syarat yang harus dipenuhi sehingga pasokan sapi bisa masuk ke Palangka Raya.

"Kita baru mendatangkan 40 ekor sapi dan sudah berlayar melalui pelabuhan Paciran, Lamongan, Jawa Timur dan akan tiba di Palangka Raya besok siang. Semua sapi sudah vaksin PMK dan sudah vaksin LSD lengkap, sebagai syarat kalau mau berlayar keluar dari Jawa Timur dan masuk ke Kalimantan Tengah," kata Kepala UPT Rumah Potong Hewan atau RPH, DPKP Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno kepada Borneonews pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Selain syarat pemberian dua vaksin tersebut, lanjut drh Ganjar, keempat puluh sapi ini sudah diobservasi di Balai Karantina selama 28 hari lebih.

"Setelah diobservasi, semua sapi dinyatakan aman dari penyakit menular, tidak menunjukkan gejala penyakit menular, dinyatakan sehat, baru bisa dilalulintaskan dan dikirim ke Pulau Kalimantan," jelasnya lagi.

Hal ini harus dilakukan menurut drh Ganjar untuk mencegah ada penyakit menular yang masuk ke Kota Cantik melalui perantara hewan konsumsi masyarakat.

"Jangan karena ingin memenuhi kebutuhan stok daging masyarakat jadi malah menyebabkan penyebaran penyakit menular pada hewan mengenai ternak kita yang ada di Palangka Raya. Jadi syarat-syarat itu harus dipenuhi dahulu," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru