Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rescue Damkar Palangka Raya Evakuasi Sarang Tawon di Plafon Rumah Warga

  • Oleh Hendri
  • 26 Maret 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rescue Damkar Palangka Raya kembali beraksi menangani hewan liar. Kali ini tim mengevakuasi sarang tawon dari plafon rumah warga di Jalan Batu Suli, Minggu, 26 Maret 2023.

"Evakuasi berlangsung dengan cepat dan lancar karena petugas dilengkapi peralatan yang lengkap disertai APD memadai," kata Kepala Bidang Pengendali Operasi dan Penyelamatan Dinas Damkar Sucipto.

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak mengevakuasi sendiri sarang tawon yang ada di rumah atau pekarangannya apalagi untuk sarang yang berukuran besar.

Meski prosedur penanganan evakuasi sarang tawon ini sebenarnya cukup sederhana, namun berbahaya jika dilakukan sendiri karena bisa menyebabkan demam bahkan bisa berujung kematian apabila terkena sengatan dalam jumlah banyak.

Bagi tim Rescue hanya dibutuhkan alat penyemprot, pertalite atau premium, dan kapas. Kemudian untuk petugas evakuasi harus berpakaian tebal agar sulit untuk dihinggapi oleh tawon.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat segera tanggap dan waspada ketika menemui sarang tawon. Pihaknya beserta jajaran yang tergabung dalam tim 112 siap membantu mengevakuasi sarang tawon apabila ada permintaan dari masyarakat.

“Kami tidak melihat besar kecilnya sarang tawon, ketika dirasa sudah meresahkan, semakin cepat dievakuasi dan ditangani maka lebih baik. Segera hubungi nomor 112," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru