Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Terus Sosialisasikan IKD

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Maret 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dusdukcapil) setempat terus melakukan sosialisasi identitas kependudukan digital (IKD) kepada masyarakat saat menggelar kegiatan jemput bola administrasi kependudukan (Jebol Adminduk).

Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil Kabupaten Lamandau, Kamini Anthus menyebut, hal itu dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat setempat agar segera mendaftarkan identitasnya secara digital melalui ponsel pintar yang mereka punya.

“Program ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data diri serta hal-hal yang berkaitan dengan IKD seperti BPJS kesehatan dan lain sebagainya,” terang Anthus di Nanga Bulik, Senin, 27 Maret 2023.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa menyukseskan penyelenggaran gerakan Indonesia sadar administrasi (GISA) kependudukan dan ‘Dukcapil Go Digital’ untuk mengakses IKD.

“Dengan adanya IKD ini, masyarakat akan dapat dengan mudah mengakses apapun yang memerlukan data diri kependudukannya kapan saja dan di mana saja melalui smartphone mereka,” ucapnya.

Salah satu perwujudannya adalah penyelenggaraan administrasi kependudukan. Hal tersebut untuk menjamin perlindungan serta rasa nyaman dan memberikan kepastian hukum kepada mereka yang berdomisili di NKRI serta memberikan akses kepada mereka untuk mengakses hak-haknya.

Dia juga berharap, seluruh masyarakat di Kabupaten Lamandau bisa mengakses dan mendaftarkan diri di IKD. Dengan begitu, pelayanan yang diberikan kepada mereka akan lebih mudah. Bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dapat memberikan terobosan untuk mengatasi permasalahan administrasi kependudukan yang ada termasuk untuk pemahaman IKD.

“Saya harap masyarakat di Lamandau bisa mendaftarkan diri dan mengakses IKD supaya mereka dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan publik,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru