Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Prajurit Yonif Raider 631/Antang Dikirim ke Papua

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Maret 2023 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ratusan prajurit Yonif Raider 631/Antang dikirim ke Papua untuk menjalankan tugas pengamanan di kawasan PT Freeport Indonesia. Pemeriksaan untuk memastikan kesiapan prajurit dilakukan di halaman markas Yonif Raider di Palangka Raya pada Selasa, 28 Maret 2023. 

Tidak hanya prajurit, seluruh sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam mendukung tugas itu juga diperiksa. Pemeriksaan ini langsung dilakukan tim dari Mabes TNI, dipimpin Kolonel Infanteri Kristomei Sianturi, Paban IV/Opsdagri Sops TNI.

Turut mendampinginya, Komandan Batalyon Raider 631/Antang, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri, Dwi Harry Wibowo, pejabat dari Kodim 1016 Palangka Raya dan dari Korem 102/Panju Panjung. 

"Memang kita siapkan prajurit untuk tugas pengamanan PT Freeport di Timika," kata Kolonel Inf Kristomei Sianturi.

Dia menuturkan, total yang dikirim untuk pengamanan tersebut berjumlah 555 prajurit. Mereka akan bertugas selama 9 bulan. "Kita lihat, dinamika di Papua sangat tinggi. Jadi perlu untuk dilakukan pengamanan untuk masyarakat dari gangguan KS (kelompok separatis). Tugasnya melakukan pengamanan PT Freeport, ada juga pengamanan wilayah," ungkapnya.

Dia melanjutkan, tugas yang mereka emban juga bagian dalam membantu percepatan pembangunan wilayah, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Sementara itu, dalam pengecekan sarana prasarana, Kolonel Inf K Sianturi didampingi pejabat lainnya termasuk Danyonif melihat langsung peralatan yang menjadi bekal dalam bertugas. Baik itu dari peralatan senjata, pakaian, alat kesehatan dan lainnya. Hasilnya, semua personel termasuk sarprasnya dipastikan siap menjalankan tugas tersebut. (BUDI/Y)

Berita Terbaru