Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pahandut Sosialisasikan Rencana Relokasi Warga Jalan Rindang Benua

  • Oleh Hendri
  • 28 Maret 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Camat Pahandut Berlianto mengundang sejumlah perwakilan warga Jalan Rindang Benua dalam rangka rapat sekaligus sosialiasi rencana relokasi wilayah setempat, Selasa, 28 Maret 2023.

Dalam rapat ini, Kepala Bidang dari Dinas Perkim, PUPR dan BPN memberikan penjelasan soal rencana relokasi dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) terintegrasi dari Kementerian yang bersumber dari APBN.

"Secara prinsip warga menyetujui rencana pemindahan hunian tersebut, karena selama ini mereka tinggal di kawasan kumuh dengan status tanah sewa," kata Camat Pahandut, Berlianto.

Warga yang akan dipindah nantinya mendapatkan fasilitas rumah panggung berbahan kayu dengan ukuran tanah 10x20 meter. Selain rumah, warga juga mendapatkan berbagai fasilitas seperti sarana kebersihan, lahan pertanian hingga tempat budidaya perikanan.

"Ada dua pilihan, mau jalur mandiri atau skema konsolidasi yang semuanya dibiayai pemerintah sampai pada sertifikat tanah maupun rumah yang akan dibuatkan nantinya," jelasnya.

Sesuai data yang dimiliki dan akan diajukan ke pemerintah pusat, warga yang masuk dalam program relokasi dari kawasan kumuh ini hanya 200 Kepala Keluarga (KK).

"Dari RW 25-26-27 total 200 KK, sore ini akan kita cek lagi ke lapangan kesesuaian lokasi yang masuk dan pengecekan lagi syarat-syarat administrasinya. Statusnya harus KTP di daerah itu dan tanahnya sewa," pungkasnya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru