Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

E-layanan Inovasi Terbaru Bapenda Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 30 Maret 2023 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Salah satu upaya Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam memberikan kemudahan pelayanan untuk merealisasikan target pajak daerah yang mencapai Rp237 miliar pada 2023 adalah dengan inovasi terbaru yang disebut e-layanan.

"Kami ada beberapa upaya yang dilakukan, kita berikan kemudahan kepada masyarakat diantaranya kami melakukan lagi sebuah inovasi yaitu e-layanan yang akan diintegrasikan dengan Smart Tax," kata Kepala Bapenda Kotim, Ramdansyah, Kamis, 30 Maret 2023.

Dia menjelaskan, aplikasi e-layanan ini nantinya memudahkan masyarakat dalam pendaftaran pajak standar, mutasi objek pajak, penggantian ataupun perbaikan nama.

"Masyarakat tidak perlu lagi datang ke Bapenda, misalkan ada mutasi penggantian nama dia bisa melakukan di rumah sendiri lewat hp nya juga bisa," tuturnya.

Ramadan mencontohkan kemudahan yang didapat dari e-Layanan, jika memiliki tanah yang ingin didaftarkan PBB nya tinggal buka aplikasinya e-layanan cukup apload foto ktp, foto surat tanah setelahnya akan diverifikasi oleh sistem dan dilakukan di badan pendapatan yang akan ternotifikasi pada yang bersangkutan jika sudah selesai untuk pembayarannya.

"Terkecuali dia ada penilaian kalau ada penilaian kami akan verifikasi lapangan untuk menilai berapa perhitungan PBB nya," imbuhnya.

Dia menyampaikan, e-layanan akan diterapkan pada 2023 ini. Sementara upaya lain untuk kemudahan pembayaran pajak pihak Bapenda juga berproses agar semua bank BUMN bisa melakukan pembayaran pajak.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat semua bank BUMN sudah bisa melakukan pembayaran PBB. Ini upaya-upaya kita untuk memberikan kemudahan jadi waktunya tidak mengenal lagi hari libur untuk membayar pajak,"tutupnya. (NOOR ANNISA/Y)

Berita Terbaru