Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini yang Perlu Diperhatikan bagi Penderita Diabetes saat Menjalani Puasa

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 30 Maret 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bagi penderita diabetes, perlu mengetahui beberapa hal sebelum melaksanakan ibadah puasa, termasuk kadar gula yang harus diperhatikan serta makanan maupun minuman yang dikonsumsi. 

"Konsultasi ke dokter dulu, apakah ini boleh puasa atau nggak. Kedua, kalau punya alat cek gula di rumah rutin aja periksakan atau kontrol gula, apakah masih dalam batas normal atau gak," kata dr Jhonferi Sidabalok, Kabid P2P Dinkes Kobar pada Rabu, 29 Maret 2023.

Dia menyampaikan bahwa asupan cairan tubuh juga harus terpenuhi. "Kita juga harus memerhatikan, memastikan cairan tubuh terpenuhi. Cairan tubuh yang dibutuhkan minimal 2 liter tapi jangan sekaligus masuk. 50 persen pada saat sahur, 40 persen pada saat buka, baru 10 persennya antara buka sampai sebelum sahur," ujarnya. 

Kemudian, lanjut dia, perhatikan pula pola makan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pada saat sahur diharuskan untuk makan dan minum, lalu jenis makanan yang dikonsumsi baiknya mengandung protein tinggi seperti telur, ikan, sayur, gandum serta hindari minuman seperti kopi, soda dan sebagainya.

Berikutnya perlu melakukan olahraga ringan atau senam khusus bagi penderita diabetes mellitus yang fungsinya untuk mencegah terjadinya luka dan melancarkan peredaran darah pada bagian kaki. (NURITA/Y)

Berita Terbaru