Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Penyuluhan Perlu Terus Diberikan

  • Oleh Donny Damara
  • 31 Maret 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas pertanian, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mengatakan penyuluhan kepada masyarakat petani perlu terus diberikan melalui penyuluh pertanian.

Dia menuturkan, produktivitas pertanian masyarakat perlu terus ditingkatkan dalam upaya untuk memperkuat ketahanan pangan daerah, dan jangan sampai hanya program pemerintah yang sudah berjalan saja mendapat perhatian, tapi juga usaha milik masyarakat.

"Penyuluhan sangat penting terus diberikan secara berkesinambungan agar kegegalan masyarakat dalam mengelola usaha pertaniannya dapat diminimalisir, dan produktivitasnya pun bisa terus meningkat," ujarnya, Jumat, 31 Maret 2023.

Dijelaskannya, penyuluhan penting sebab tidak semua petani khususnya lokal di Kalteng ini menguasai cara-cara bertani yang optimal terlebih dalam hal penggunaan sarana dan prasarana pertanian modern. Sehingga, apabila penyuluhan diberikan maka petani lebih akan optimal dalam menjalankan usaha tersebut.

Peran pemerintah melalui penyuluh pertanian sangat diharapkan dalam mendukung pertanian masyarakat agar bisa maju dan berkembang, terlebih lagi saat ini setiap daerah di Kalteng masih ketergantungan dengan provinsi lain untuk memenuhi stok kebutuhan pangan. Oleh karenanya hal ini harus menjadi perhatian.

"Sektor pertanian di Kalteng ini harus bisa terus ditingkatkan baik dari segi produktivitasnya maupun pengoptimalan dalam menjalankan usaha tersebut, sehingga kebutuhan pangan daerah benar-benar bisa kuat serta dapat mengurangi bahkan tidak lagi bergantung dengan provinsi lain," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru