Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPOM Palangka Raya Intensifkan Pengawasan Pangan Ramadan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 April 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palangka Raya mengaku telah melakukan intensifikasi pengawasan pangan pada pasar Ramadan yang ada di wilayah Kota Palangka Raya.

“Kami sudah melakukan intensifikasi pengawasan pangan terhadap setiap pasar wadai yang ada di Kota Palangka Raya, bahkan sudah kami lakukan seminggu sebelum Ramadan,” kata Kepala BPOM Kota Palangka Raya, Safriansyah, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan BPOM bekerja sama dengan pemerintah kota, dengan adanya permintaan dari Wali Kota Palangka Raya melakukan pembinaan dan pengawasan.

Safriansyah menjelaskan, pembinaan yang dilakukan kepada pedagang takjil di Pasar Ramadan itu meliputi beberapa hal, mulai dari cara produksi pangan olahan yang baik, penggunaan bahan tambahan apa saja yang diperbolehkan dalam penggunaan makanan.

Kemudian, penggunaan kemasan yang benar, yang mana plastik atau kemasan yang untuk membungkus makanan harus sesuai dengan ketentuan kemasan pangan. Sebab, jika menggunakan plastik kresek sebagai kemasan primer, akan berpotensi mencemari makanan di dalamnya.

“Jadi rangkaian pembinaan ini kami lakukan di awal sebelum pasar wadai ini dibuka. Artinya, sebelum hari H, masyarakat atau pelaku UMKM yang ada itu sudah menerima dan melakukan berbagai rankaian pembinaan dari kami,” ucapnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru