Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bangunan Sekolah Rusak Terdampak Longsor

  • Oleh ANTARA
  • 03 April 2023 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Trenggalek - Bangunan SDN 2 Kertosono Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengalami kerusakan pada bagian pagar dan mengancam konstruksi ruang kelas serta perkantoran untuk guru di SD tersebut.

Kepala BPBD Trenggalek Triadi Atmono di Trenggalek, Minggu, mengatakan gerakan tanah yang dipicu erosi air saat turun hujan deras terjadi pada Sabtu (1/4) sore dan menyebabkan kerugian sekitar Rp150 juta.

Selain ruang kelas dan perkantoran (ruang guru), bangunan perpustakaan juga rawan ikut terdampak gerakan tanah jika kembali turun hujan dengan intensitas tinggi.

"Longsor itu disebabkan derasnya aliran air yang masuk ke halaman sekolah akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Panggul dan sekitarnya," kata Triadi.

Untuk menanggulangi, warga dibantu petugas gabungan bergotong-royong menutup jalur air dan menguruk fondasi pagar yang ambrol.

Para guru dan siswa diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi ancaman longsor susulan.

"Kami berpesan untuk lebih hati-hati. Lokasi longsor dekat dengan ruang perpustakaan dan jauh dari ruang kelas. Namun, tidak menutup kemungkinan segala sesuatunya bisa terjadi perihal longsor susulan dan lain sebagainya," katanya.

Triadi mengatakan pagar SDN 2 Kertosono yang ambrol memanjang sekitar 55 meter dengan ketinggian sekitar empat meter dan lebar tiga meteran.

Selain tingginya curah hujan, dari hasil asesmen, tingginya debit air yang mengalir di halaman dikarenakan adanya aktivitas warga yang membendung parit di sekitar sekolah untuk menyirami tanaman di areal persawahan.

Namun, tanggul air itu jebol, sehingga meluber ke halaman sekolah dan menghantam pagar dengan tekanan tinggi. Bangunan sekolah yang ada di dataran tinggi membuat rentan longsor.

Berita Terbaru