Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kekurangan Armada, Bupati Kotim Instruksikan Gunakan Kapal TNI untuk Angkutan Mudik

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 April 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menginstruksikan Dinas Perhubungan setempat untuk meminta bantuan kapal TNI sebagai angkutan mudik tambahan.

"Kadishub segera komunikasikan kesiapan kapal. Biasanya dari TNI bisa membantu pakai kapal TNI," kata Bupati, saat melakukan rapat koordinasi lintas sektor persiapan menghadapi Idul Fitri, Senin, 3 April 2023.

Kepala Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Sampit Miftakhul Hadi memaparkan jumlah pemudik menggunakan kapal diperkirakan 10.000 orang, sementara kapal yang tersedia hanya mampu menampung 6.100 penumpang.

"Masih ada 4.000 calon pemudik belum tahu nasibnya. Jangan sampai kleleran nanti. Mumpung ini masih pertengahan kalau tidak ada gambaran kita hubungi pusat," ujar Bupati.

Bupati meminta Dishub mendata calon pemudik yang mayoritas berasal dari perusahaan sawit. Terdapat 59 perusahaan perlu dilakukan pendataan sehingga persiapan armada tambahan disesuaikan dengan data calon penumpang yang akurat.

Sementara itu, Miftakhul menambahkan permasalahab ini lantaran ada pengurangan armada.

"Memang ada pengurangan armada. Karena di Kumai tahun lalu kapal tenggelam. Biasanya kita dilayanan dari DLU, 1 armada kini diswitch ke Kumai," ujar Miftakhul.

Tahun ini, 3 kapal PELNI dengan 4 kali kunjungan mampu mengangkut 3.650 penumpang. Sedangkan 3 kapal PT DLU dengan 5 kali kunjungan mampu menampung 2.455 penumpang. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru