Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur: Panen Padi Okmar Cukup Bagus

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 April 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Lurikto menilai panen padi di daerah setempat pada musim tanam Oktober-Maret atau Okmar cukup bagus.

"Kalau kita lihat hasil panen Okmar ini lumayan bagus, artinya kita melihat dari kondisi pertumbuhan tanaman kemudian sampai dia berbuah kelihatannya cukup bagus, dan hama penyakit walaupun ada masih bisa teratasi," ujarnya di Tamiang Layang, Rabu, 5 April 2023.

Lurikto menambahkan, secara umum petani di Barito Timur tidak ada yang mengalami gagal panen.

"Beberapa hari terakhir memang ada sebagian sawah petani yang kebanjiran tapi dampaknya tidak besar karena padinya sudah siap panen. Kita berharap kalau ada yang kebanjiran tidak terendam lama sehingga masih bisa dipanen," katanya.

Lurikto yakin dengan hasil produksi padi Okmar  tersebut akan membantu menekan inflasi di Barito Timur.

"Kalau dilihat kondisi saat ini kelihatannya pada musim tanam Asep (April-September) berpeluang juga untuk kita meningkatkan produksi pangan, karena sekalipun tidak semua saluran irigasi berfungsi tapi kalau masih ada curah hujan maka petani masih bisa menanam," ucapnya optimis.

Kadis pertanian juga memastikan bahwa seluruh penyuluh pertanian di setiap desa siap mendampingi petani dalam melakukan budidaya pada musim Asep.

"Dari dinas pun sudah mewanti-wanti petugas (penyuluh pertanian) di lapangan untuk selalu berkonsentrasi mendampingi petani. Sekarang sudah mulai mempersiapkan CPCL (Calon Petani dan Calon Lahan)," terangnya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru