Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

17.973 Penumpang Diperkirakan akan Keluar dari Pelabuhan Kumai pada Arus Mudik Lebaran 2023

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 April 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jumlah penumpang pada arus mudik lebaran 2023 yang akan berangkat melalui Pelabuhan Panglima Utar Kuami diperkirakan sebanyak 17,973 jiwa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai Hary Suyanto. Pihaknya memprediksi memprediksi adanya peningkatan jumlah penumpang pada arus mudik lebaran 2023 yang akan berangkat melalui Pelabuhan Kumai, dibandingkan tahun sebelumnya.

"Prediksi kenaikan penumpang yakni 10.15 persen dibanding angkutan mudik lebaran tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19," ujar Kepala KSOP Kelas III Kumai Hary Suyanto, Kamis, 6 April 2023.

Dijelaskan Hary, untuk puncak mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 19 Maret 2023, dan pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan dalam menghadapi peningkatan penumpang pada arus mudik lebaran tahun ini.

"Diperkirakan jumlah penumpang pada H-15 sampai dengan H-1 yang berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai sekitar 17,937 jiwa," tuturnya.

Lanjut Hery, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan sinegi antar instansi, dalam menyiapkan langkah-langkah untuk kelancaran arus mudik tahun 2023 di Pelabuhan Kumai.

"Kami juga akan siapkan posko lebaran bersama tim gabungan yakni Polri, TNI, BPBD, Dinas Kesehatan, dan lainnya, terhitung dari 7 April hingga 8 Mei 2023," imbuhnya.

Saat ini sebanyak 7 unit kapal penumpang melayani rute Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalteng ke pulau Jawa, yakni Semarang Provinsi Jawa Tengah dan Surabaya Provinsi Jawa Timur.

"Untuk menghadapi arus mudik tahun ini, sementara ada 8 unit kapal penumpang yang melayani rute Kumai ke Pulau Jawa, yakni 4 buah kapal dari PT Pelni dan 4 unit dari PT Dharma Lautan Utama (DLU)," pungkasnya. (DANANG/J)

Berita Terbaru