Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Kue Ipau Penyebab Keracunan Massal Ikuti Sosialisasi Higiene dan Sanitasi Mengolah Makanan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 07 April 2023 - 08:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pedagang kue ipau penyebab keracunan massal di Sampit mengikuti sosialisasi higiene dan sanitasi dalam mengolah makanan, Kamis, 6 Maret 2023.

"Hadir pedagang kue ipau 3 orang. Perwakilan pemilik usaha, pembuat, dan penjual," kata Kepala Puskesmas Baamang I Supriadi, Kamis, 6 April 2023.

Supriadi berharap pedagang kue ipau memahami bagaimana mengolah makanan dengan menjaga higiene dan sanitasi. "Saat menjual juga tau ini layak jual," imbuhnya. 

Puskesmas Baamang I melakukan sosialisasi ini setiap tahun, kecuali tahun 2022 karena terhalang pandemi. "Tahun 2021 pun pedagang kue ipau turut menjadi peserta sosialisasi," tutupnya.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Puskesmas Baamang I bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, Polsek dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Mereka melaksanakannya di Aula Kantor Kecamatan setempat selama 1 hari.

Sebelumnya, terjadi keracunan massal akibat mengonsumsi kue ipau yang dibeli dari salah satu pedagang di Kecamatan Baamang. Dinas Kesehatan Kotim mencatat 84 korban mendapat perawatan dan 1 korban meninggal dunia.

Akibat kasus ini, pedagang kue ipau mengalami penurunan penjualan. Namun menurut Supriadi, untuk pedagang lain tak terdampak. (DEWI PATMALASARI/R)

Berita Terbaru