Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Prioritaskan Tambah Guru Pendidikan Agama

  • Oleh Hendri
  • 08 April 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan, saat ini pemerintah sedang mencarikan solusi dan jalan terbaik mengatasi masalah kekurangan guru pendidikan agama di satuan pendidikan umum seperti SD dan SMP.

"Ini memang menjadi perhatian dan prioritas kami agar bagaimana ada penambahan guru pendidikan agama, bisa melalui rekrutmen CPNS maupun PPPK. Sementara ini masih mengandalkan guru honorer," katanya, Sabtu, 8 April 2023.

Dinas Pendidikan kata dia, sudah melakukan pendataan sekolah mana saja yang perlu ditambah guru pendidikan agama. Dari data-data tersebut kemudian mengusulkan ke pusat untuk membuka jalur penerimaan PPPK.

"Kami berharap pemerintah pusat dapat mengabulkan permintaan dari daerah terkait penerimaan PPPK maupun CPNS untuk mengisi formasi yang kosong tersebut," ujarnya.

Apalagi setiap tahun ada guru yang pensiun, hal ini bisa menambah jumlah kekurangan guru. Sementara kewenagan pemerintah untuk merekrut guru honorer pun dibatasi dengan wacana peralihan honorer menjadi ASN.

Meski begitu semuanya perlu proses, dia berharap semua pihak agar memahami situasi kekurangan guru agama saat ini. Diharapkan juga para orang tua memahami situasi saat ini, sehingga pelajaran agama bisa dibantu di rumah. (HENDRI/H)

Berita Terbaru