Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Muncul Semburan Lumpur di Sumur Bor Warga Kapuas, Kini Malah Muncul Semburan Diduga Gas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 April 2023 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Setelah sempat muncul semburan air lumpur dan pasir saat membuat sumur bor pada 23 Maret 2023 lalu, yang semburannya saat ini sudah mereda.

Kini warga kompleks perumahan di Jalan Jepang arah Mandomai - Kapuas, Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat malah kembali dikejutkan munculnya semburan diduga gas di titik sumur bor tersebut pada Sabtu, 8 Maret 2023.

Kemunculan diduga gas itu diketahui setelah pemilik rumah di lokasi titik sumur bor bernama Suriato secara tidak sengaja menyalakan korek mancis rokok di sekitar sumur, tiba-tiba dikagetkan munculnya api yang menyambar dari titik sumur tersebut. Bahkan, sambaran api sempat sedikit mengenai tangannya.

"Awalnya terjadi semburan di sumur bor ini sehingga muncul luapan pada dua minggu sebelumnya. Namun, hari ini ada perubahan, yang mana sumber ini masih aktif terus dan hari ini secara tidak sengaja ada menyalakan korek mancis dan terjadi sambaran hingga mengeluarkan nyala api," kata Suriato kepada wartawan.

Ia bersama keluarga pun kaget, hingga sempat mengeluarkan semua barang-barang yang ada di dalam rumah untuk dibawa ke tempat yang aman menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Tadi kita keluarkan semua barang dan dokumen dokumen, namun sekitar 20 menit apinya padam sendiri," ucapnya.

Atas kejadian ini, ia mengaku khawatir, dan sampai sampai saat ini pihaknya masih menunggu tindakan pihak terkait yang menangani bagaimana solusinya karena berdekatan dengan rumahnya sendiri.

"Hari ini yang menjadi kekhawatiran saya nyata nyata sudah tidak bisa berdekatan dengan api. Sementara rumah tangga kita ini tidak lepas dari kompor, rokok, dan sebagainya, nanti khawatir saya adanya gas beracun atau sumber gas lainnya," tuturnya.

Karenanya, dia mengharapkan pihak pihak terkait bisa cepat menganalisa kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Dari pantauan, sumur bor tersebut saat ini terlihat muncul gelembung-gelembung air layaknya seperti air mendidih. Belum diketahui apa yang terkandung di dalamnya. Serta tidak ada bau yang terlalu menyengat, hanya ada tercium bau lumpur.

Sebelumnya, diketahui sumur bor mulai dikerjakan pada Kamis, 23 Maret 2023 dengan kedalaman 102 meter.

Semula air yang dihasilkan pada kedalaman tersebut  cukup baik, namun air hanya sebentar saja mengalir. Kemudian tim penggali sumur berencana berpindah lokasi pengeboran.

Pada Jumat dini hari, di lokasi pengeboran awal, terdengar suara ledakan kecil kemudian terjadi  semburan air lumpur, pada titik itulah yang saat ini kembali muncul diduga gas. (DODI RIZKIANSYAH/R)

Berita Terbaru