Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Enam Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Kecerdasan Janin

  • Oleh Pathur Rahman
  • 09 April 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) UPT Puskesmas Pahandut, ingin membagikan tips menjaga kesehatan ibu hamil, dan menjaga kecerdasan janin selama dalam kandungan.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Pahandut H M Ridwan menyampaikan, ada enam tips menjaga kesehatan dan kecerdasan ibu hamil dan janin, pertama ibu hamil di anjurkan untuk makan lebih banyak dari biasanya.

Banyak makan buah, sayur disertai lauk pauk, tips kedua periksa kehamilan secara teratur dengan cara ikuti kelas hamil, jika ada keluhan kelainan atau sakit segera mencari penanganan bidan atau dokter.

Tips ketiga lakukan stimulasi janin bersama suami, berbicara dengan janin sejak hamil muda dan lakukan sentuhan dengan mengusap perut, tips ke empat istirahat yang cukup tidur malam setidaknya 6 - 7 jam sehari dan usahakan tidur 1 sampai 2 jam tidur siang.

Tips kelima ibu hamil diminta untuk beraktivitas fisik, berjalan kaki selama 30 sampai 60 menit setiap hari, adapun olahraga yang di sarankan seperti senam dan hamil, tips keenam menjaga kebersihan diri.

Mandi membersihkan diri, mencuci rambut minimal dua atau tiga kali sehari serta cuci tangan dengan air mengalir. "Mari wujudkan ibu dan anak melahirkan dengan selamat, dengan menjaga kesehatan ibu dan janin," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru