Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Ingatkan Pedagang di Pasar Ramadan Perhatikan Kebersihan Makanan

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 10 April 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Barat (Kobar) I Ketut Djabal mengingatkan kepada pelaku UMKM yang berdagang takjil di Pasar Ramadan untuk memperhatikan kebersihan pangannya. 

"Perilaku hygiene pedagangnya ketika mengolah makanan karena itu berpengaruh, mulai kebersihan tangan (cuci tangan), kebersihan tempat dia jualan sama waktu dia menyajikan, ke arah perilaku hygiene sanitasi penjamah makanannya," ujarnya. 

Pihaknya bersama Disperindag Kobar, dibantu dengan puskesmas setiap kelurahan bekerjasama juga dengan Loka BPOM Kobar dalam mengawasi makanan maupun minuman takjil yang dijual pedagang dengan melakukan pengujian sampel makanan. 

Pengujian dilakukan beberapa waktu lalu secara acak dan beberapa lokasi di wilayah tersebut,

Hasil dari pengujian sampel makanan tersebut menyatakan bahwa hingga saat ini makanan ataupun minuman yang ada di pasar ramadan aman dari bahan-bahan berbahaya serta memiliki hygiene dan sanitasi yang baik. 

"Mereka diharapkan selalu menjaga kebersihan lingkungannya menyiapkan tempat sempah dan seterusnya begitu ya, pokoknya kegiatan kebersihan itu," kata Kabid Kesmas Dinkes Kobar. (NURITA/H)

Berita Terbaru