Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Pulang Pisau Matangkan Persiapan Arus Mudik

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 11 April 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam rangka mendukung terwujudnya ketertiban lalu lintas laut sungai dan danau serta keselamatan berlayar atau penyeberangan menjelang arus mudik dan arus balik idul fitri 1444 Hijriyah terus dilakukan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Supriyadi menyampaikan bahwa guna mematangkan persiapan tersebut pihaknya menggelar rapat dengan sejumlah lintas sektor.

“Dari rapat yang dihadiri KSOP Pulpis, Kasi Transportasi SDP Komersial dan Petintis BPTD, Kasat Lantas Polres Pulpis, Kasatpolair Polres Pulpis, Kapolsek Kahayan Hilir, Kabid Tibum Satpol PP ini terdapat sebanyak 17 kesepakatan,” katanya.

Yakni membuat Posko di beberapa titik seperti di Candi Laras, Posko Pelabuhan Bahaur, Posko Pelabuhan Mintin, Posko Pelabuhan Maliku, dan Posko Kahayan Hilir. Selain pengaktifan Posko.

Lanjut dia, angkutan penyeberangan harus berpasangan atau lebih dengan mempertimbangkan kondisi muatan, sehingga masa tunggu dan antrean dapat diminimalisir.

Kemudian personel yang ditugaskan di Posko untuk disampaikan ke Dishub guna penyusunan jadwal. Untuk BPTD akan mengatur muatan sebelum berlayar. Dan truk maksimal bermuatan 8 ton selama angkutan Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam penyeberangan, dilakukan dengan mengurangi muatan, melengkapi alat-alat Keselamatan dan mematuhi tonase yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Untuk kapal Ro-ro KMP Drajat Paciran, sambung Supriyadi, diminta mengurangi mengangkut truk, namun lebih mendahulukan mengangkut penumpang dan kendaraan keluarga. Untuk roda 2 menurutnya jangan mengangkut muatan full.

“Dalam rapat ini semua saling mendukung, seperti GM Pelindo mendukung dan berkontribusi dalam menyiapkan spanduk dan kelengkapan lainnya untuk memeriahkan posko,” ucapnya.

Begitu juga dengan KSOP menyediakan ruang tunggu yang representatif, untuk meningkatkan kebersihan dan penerangan, tempat ibadah, ruang pemeriksaan kesehatan dan MCK Pelabuhan dan dipikirkan tempat parkir alternatif apabila parkiran yang ada dipakai untuk HELIPAD.

Berita Terbaru