Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Metrologi Legal Palangka Raya Tera Ulang Timbangan Kargo di Bandara Tjilik Riwut

  • Oleh Hendri
  • 13 April 2023 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya tera ulang timbangan elektronik kapasitas 2 ribu kilogram PT Angkasa Pura Kargo Bandara Tjilik Riwut.

"Tera ulang dilakukan pada 1 unit timbangan untuk menjamin kebenaran pengukuran dan melindungi konsumen serta mewujudkan tertib ukur sesuai UU Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal," kata Kepala DPKUKMP Palangka Raya, Samsul Rizal, Kamis, 13 April 2023.

Tera ulang ini dilaksanakan setiap satu tahun, setelah diperiksa kembali oleh petugas timbangan tersebut diberikan tanda cap dan akan diterbitkan sertifikat hasil pengujian dari pemerintah selaku pelaksana pemeriksa.

"Tera ulang kali ini bertepatan dengan momen menyambut hari raya idul fitri, karena saat libur lebaran biasanya orang-orang akan mudik, banyak juga yang mudik menggunakan pesawat sehingga kita harus memastikan timbangan kargonya tidak bermasalah," ujarnya.

Menurutnya keselamatan penerbangan tidak hanya terkait kelaikan teknis pesawat namun juga ditentukan penunjang lainnya seperti kargo. Sehingga pemeriksaan kembali pada sarana ini perlu dilakukan.

Sementara itu, EGM Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Ardha Wulinagara menyambut baik kegiatan tersebut. Pasalnya menjelang libur lebaran ini penumpang pesawat mengalami kenaikan disertai kenaikan jumlah kargo. (HENDRI/R)

Berita Terbaru